Selagi masih ada waktu

Kematian Michael Jackson yang mendadak, mengejutkan dunia dan seolah-olah waktu terhenti sejenak. Berita seputar kenangan Michael Jackson yang terus menerus seolah ingin membangkitkan kembali kehidupan Michael di hati pengemarnya. Ungkapan kesedihan yang tak rela melepaskan kepergian Michael Jackson seakan berkata Michael terlalu muda untuk meninggalkan dunia, Michael seharusnya masih mampu berkarya bagi dunia yang ditinggalkannya. Semua itu terhenti karena waktu.

Seringkali kita merasa terkejut atas kehilangan mendadak, suatu tokoh setenar Michael Jackson. Beberapa tahun lalu dunia pun gempar ketika Lady Diana meninggal dalam kecelakaan mobil. Berita itu menjadi buah bibir setiap orang. Sesungguhnya siapapun di antara kita akan pergi meninggalkan semua yang kita miliki. Waktu yang tidak kita ketahui itu akan datang. Dan dalam hidup orang tidak menyadari betapa berharganya waktu.

Kadangkala kita membaca ungkapan, seandainya waktu dapat di putar kembali, seandainya masih ada waktu. Seandainya kita bijak memakai waktu kita….

Sedemikian banyak ungkapan yang bisa memberikan kita pelajaran kehidupan. Selagi masih ada waktu kita mempergunakan waktu itu dengan tidak bijaksana. Selagi kita terlena dengan kesenangan kita, kita lupa bahwa ada prioritas lain dalam hidup yang akan kita sesali di kemudian hari karena waktu yang terlewat. Perjalanan kita ditentukan dari waktu yang kita telah lewati, ada orang yang berjuang keras di masa lalunya, mempergunakan waktunya dengan bijak, disiplin mempergunakan waktunya. Disisi lain ada yang mempergunakan waktunya dengan tidak bijaksana, memanjakan dirinya dan tidak disiplin. Kita sering lupa apa yang kita miliki hari ini adalah hasil investasi kita atas waktu yang lampau.

Selagi masih ada waktu, kita bisa memikirkan hidup kita “saat ini”. Bagi yang belum menyadari buah-buah kehidupan kita di tentukan akan apa yang kita hasilkan dari waktu yang kita lampaui. Ada baiknya kita mulai saat ini untuk mempergunakan waktu dengan bijak “Selagi masih ada waktu”

Selagi masih ada waktu, perbaiki hubungan kita dengan orang tua kita, perbaiki hubungan kita dengan anak-anak kita, perbaiki metode kerja kita, cara berpikir dan cara kita memandang kehidupan ini. Selagi masih ada waktu itulah yang memberikan kita makna hidup dan arti hidup kita.

Waktu itu menjadi berharga bilamana kita bijak mempergunakannya, tapi waktu juga menjadi musuh yang diam-diam meninggalkan kita ketika kita lengah. Banyak sekali aspek-aspek kehidupan yang tidak dapat kita lakukan secara instant. Kita butuh waktu panjang seperti menanamkan nilai-nilai kebenaran, mendidik anak, membangun karakter, memperbaiki hubungan. Semua itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Kadang kala kita melupakan hal itu karena kita berpikir… ach masih ada waktu. Dan kita terlena berleha-leha. Ketika sampai waktu kita, kita baru menyadari seandainya kita bisa kembali ke waktu itu. Kini saat kita merenungkan sejenak apa arti waktu yang kita miliki sekarang ini, apa yang kita bisa rubah saat ini dan mengubah diri kita menjadi orang yang lebih menghargai waktu.

Selagi masih ada waktu mari kita hargai waktu ini….saat ini dan kita membangun kenangan yang tak terlupakan untuk orang-orang yang kita kasihi.

Jakarta, 29 Juni 2009 (19.34)
**Lina Kartasasmita**

Comments

Popular posts from this blog

Table topic 1: Never… never give up

We love to love

Dealing with difficult person with acceptance

Suffering and tired

My Relationship with God

“Alone”

Hundred percent!!

I am still here for you

I am perfectly blessed in my imperfection

Please keep doing it